Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total/Hang

Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total/Hang

Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total/Hang, Apa yang seharusnya yang anda lakukan dalam kasus ini?

pertama uji adaptor laptop daya DC, dan pastikan tegangan output benar. Anda dapat menguji adaptor daya DC dengan voltmeter agar lebih pastinya.
Jika adaptor DC baik-baik saja dan tegangan output adaptor benar maka dalam hal ini coba cabut power adapter dari laptop, lalu keluarkan baterai, tunggu hingga 1-2 menit, kemudian pasang di adaptor dan cobalah menyalakan laptop anda lagi, jika belum berhasil anda sebaiknya lakukan cara dibawah ini mungkin laptop anda mengalami masalah yang serius.

Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total/Hang : untuk melihat jelas gambarnya klik linknya

Pertama kita lihat lebih dekat pada layar LCD laptop anda. dan lihatlah di layar di bawah cahaya terang. Ada kemungkinan bahwa gambar masih di layar tetapi sangat samar.

laptop mati total

Jika pengamatan menunjukkan tidak ada gambar sama sekali di layar LCD laptop, coba uji laptop dengan menggunakan monitor eksternal. Setelah monitor eksternal terpasang tekan tombol power laptop. Ketika laptop sudah nyala setting ke layar eksternal dengan menekan Fn dan tombol F4 secara bersamaan pada laptop HP, Fn dan tombol F5 pada laptop Toshiba, Fn dan tombol F7 pada laptop IBM. Tergantung permintaan laptop anda. Laptop lain dapat menggunakan kombinasi tombol yang berbeda.

Katakanlah monitor eksternal bekerja dengan baik tetapi layar LCD internal tidak ada tampilan sama sekali. Jika itu yang terjadi, masalah Anda bisa berhubungan dengan layar LCD atau kabel video. Juga, pastikan kabel video membuat hubungan baik dengan motherboard dan layar LCD. Coba buka laptop dan perbaiki kedudukan kabel lalu tes lagi.

Jika kedua monitor tidak ada tampilan, berarti masalah tidak terkait dengan layar LCD atau kabel video. Dari pengalaman saya, masalah ini biasanya terkait dengan memori laptop.

Coba buka dan pasang kembali modul memori, mungkin tidak terpasang baik pada slot memori. Cobalah membersihkan kontak pada modul memori dengan penghapus pensil. Coba pindahkan modul memori ke slot yang lain. Cobalah mengganti modul memori dengan modul lain yang masih baik, mungkin modul asli sudah rusak.

Jika Anda memiliki dua modul memori terinstal, anda dapat mencoba melepas satu per satu lalu tes lagi, mungkin salah satu modul rusak. Coba pasang modul memori yang berbeda ke dalam slot memori yang berbeda.

Jika tes memori ini tidak juga berhasil, maka sekarang kita pindah lokasi sebab ternyata ada kerusakan lain

Coba keluarkan battery, hard drive dan DVD drive dan turn on lagi laptop tanpa komponen tadi.

Juga, cobalah menyalakan laptop dengan monitor eksternal ketika kabel video internal dicabut dari motherboard. Jika laptop start dengan monitor eksternal, tampaknya ada sesuatu yang salah dengan panel layar laptop.

Jika melepas hard drive dan DVD drive, mencabut kabel video tidak membantu, lanjutkan dengan melepas kartu wireless, modem, keyboard.

Jika sampai disini laptop masih bermasalah, sekarang keluarkan mainboard dari tempatnya dan tes dalam keadaan minim komponen. Gunakan monitor ekxternal.

Lakukan tes seperti gambar di atas. Jika kipas pendingin jalan tetapi tetap tidak ada tampilan, chip vga rusak atau mainboard rusak. Lanjutkan dengan mengganti chip vga.

sekian artikel comotan kali ini semoga bisa membantu laptop anda yang sedang mengalami masalah :D, untuk artikel lainya anda dapat membacanya dibawah ini :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total/Hang"

Post a Comment

- Komentar harus sesuai topik, tidak menyimpang !
- Komentar yang bersifat promosi, langsung saya hapus !
- Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu adalah spam !
- Tolong beritahukan saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !